Kantor Pengadilan Negeri Blitar.(Ist)

Kantor Pengadilan Negeri Blitar.(Ist)



Pengadilan Negeri (PN) Blitar membuat terobosan berupa layanan pembuatan surat keterangan elektronik (e-raterang) tidak pernah dipidana. Dengan layanan ini, masyarakat yang ingin mengurus surat keterangan bisa mengurusnya dari rumah dengan memanfaatkan jaringan internet.

Panitera muda hukum Pengadilan Negeri Blitar Agus Yulianton mengatakan program ini sudah diterapkan sejak Agustus 2019. Sosialisasi program ini terus digencarkan karena masih banyak masyarakat yang belum paham dan mengetahui.

“Melalui e-raterang masyarakat sangat dimudahkan karena dapat melakukan pengurusan tanpa harus datang ke ke kantor pengadilan. Dampaknya pelayanan di kantor pun bisa lebih cepat. Jika biasanya pengurusan satu surat bisa memakan waktu beberapa hari, maka melalui e-raterang, Pengadilan Negeri Blitar bisa menyelesaikan pengurusan sampai 50 lembar surat keterangan,” ungkap Agus Yulianto dikutip dari situs resmi Pemkot Blitar, Jumat (5/9/2019).

Agus menyebut, jenis surat keterangan yang bisa dilayani di e-raterang meliputi surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit, surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya, surat keterangan dipidana karena kealpaan ringan atau alasan politik, surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang secara lerorangan.

Untuk layanan ini, masyarakat bisa mengaksesnya melalui eraterang.badilum.mahkamahagung.go.id. lalu mengunggah persyaratan berupa identitas diri e-KTP, SKCK terbaru, dan pasfoto.

“Jadi, mulai saat ini pemohon tidak perlu datang ke PTSP pengadilan untuk mendapatkan surat keterangan tersebut. Semuanya bisa dilakukan melalui perangkat elektronik kita. Cukup dengan jari kita dirumah atau di kantor,” pungkasnya.

Tag's Berita

End of content

No more pages to load