Bupati Blitar Rijanto memimpin panen raya cabe di Desa Kaligambir.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)
Bupati Blitar Rijanto memimpin panen raya cabe di Desa Kaligambir.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Bupati Blitar Rijanto turut serta dalam kegiatan Panen Raya Cabai Keriting bersama Kelompok Tani Sari Bumi dan masyarakat di Desa Kaligambir, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Rabu (26/9/2019).

Kegiatan panen raya cabai ini dipimpin langsung oleh Bupati Blitar Rijanto. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Wawan Widianto beserta jajarannya, Camat Panggungrejo, perwakilan Gapoktan Kabupaten Blitar, Mantri Tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya, Rijanto menegaskan suksesnya panen raya cabai ini selaras dengan visi-misi Bupati Blitar. Yakni meningkatkan keberdayaan masyarakat dan usaha ekonomi masyarakat yang memiliki daya saing melalui peningkatan keterampilan dan keahlian serta pengembangan ekonomi kerakyatan.

Bupati sangat mengapresiasi kerja keras para petani yang telah sukses mengembangkan pertanian cabe di Blitar Selatan, utamanya di Desa Kaligambir. Menurutnya, perkembangan kondisi pertanian di Blitar Selatan tidak seperti dulu lagi, para petani punya semangat kerja dan etos kerja yang tinggi.

"Perkembangan pertanian di Blitar Selatan saat ini sangat pesat sekali, yang dulunya hanya ditanami ketela dan tanaman palwija saja, sekarang bisa berubah menjadi tanaman hortikultura yang tentu nilai jualnya lebih tinggi, terutama cabai yang harganya saat ini sedang tinggi hingga Rp 70 ribu per kilogram. Tentunya ini keuntungan bagi para petani," ungkap Bupati Rijanto saat ditemui BLITARTIMES usai melakukan panen raya cabai keriting bersama para petani.

Bupati menambahkan, pihaknya bersama dinas terkait akan terus mendorong para petani untuk terus berkarya dan berinovasi untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Dia berharap pertanian di Blitar Selatan semakin baik dan membawa kemakmuran bagi masyarakat.

"Tentunya di sini peran pemerintah juga hadir dan mengawal para petani untuk bisa terus sukses menjalankan usahanya. Yakni melalui Dinas Pertanian dan Pangan. Kita berharap petani-petani di Blitar terus merubah mindset dari petani tradisional menjadi petani modern dan lebih maju lagi," tambah Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Wawan Widianto menambahkan, Kabupaten Blitar merupakan salah satu penyangga kebutuhan cabe nasional. Menurutnya, di Kecamatan Panggungrejo sendiri luas lahan pertanian cabai tidak kurang dari 5000 hektar.

"Makanya kalau produksi cabai di Blitar ini sedang berkurang, biasanya di nasional akan terjadi inflasi. Ini dari dirjen hortikultura terus memantau ke kita. Sebetulnya kita dengan kondisi lahan seperti di Blitar Selatan dengan pola tanam seperti ini sangatlah menguntungkan. Oleh karena itu kita bangun infrastruktur pendukung seperti embung-embung ini agar nantinya produksi pertanian di Blitar semakin melimpah," tandasnya.(*)