Bupati Blitar  Rijanto meninjau pelayanan KB gratis yang digelar dalam rangka memperingati Harganas ke-27.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati Blitar Rijanto meninjau pelayanan KB gratis yang digelar dalam rangka memperingati Harganas ke-27.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, Dinas Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Pemerintah Kabupaten Blitar melaksanakan pelayanan KB serentak sejuta akseptor di 22 kecamatan se Kabupaten Blitar. Pelayanan KB serentak ini mengusung tema  “BKKBN Baru dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir di dalam Keluarga”.

Untuk memastikan optimalisasi pelayanan KB serentak di 22 kecamatan, Bupati Blitar Rijanto melaksanakan sidak di beberapa kecamatan. Dalam kesempatan ini Bupati Blitar Rijanto melaksanakan monitoring di antaranya di Puskesmas Wlingi, Puskesmas Kesamben dan Puskesmas Selorejo.

Baca Juga : Ingin Santri Sehat, Gubernur Khofifah Bagikan Masker dan Vitamin C

Dalam kunjunganya, bupati didampingi Kepala Dinas PPKBP3A Eka Purwanta, BKKBN Provinsi Jawa Timur dan  Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Pemkab Blitar menggratiskan pelayanan KB untuk meringankan beban warga di masa pandemi covid-19.

“Alhamdulilah dari beberapa kecamatan yang saya pantau dan saya tinjau, pelayanan KB nya cukup bagus, cukup baik. Dan perlu diketahui, sejak mewabahnya pandemi corona (Covid-190, pelayanan KB di Kabupaten Blitar ini saya bebaskan, biayanya gratis,” ungkap Bupati Blitar Rijanto kepada awak media, Senin (29/6/2020).

Bupati menambahkan, digratiskanya biaya KB diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di masa pandemi. Diharapkan dengan digratiskan biaya ini bisa mendorong semangat masyarakat untuk mensukseskan program KKBPK (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana).

“Di momen Harganas ini kita laksanakan pelayanan KB serentak di 22 kecamatan. Hari ini kita saksikan bersama, ada masyarakat yang memasang KB implant, ayudi dan suntik,” paparnya. 

Baca Juga : PAD Merosot, Banyak Sektor Retribusi Daerah di Kabupaten Malang Tak Beroperasi

Sementara itu Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Blitar, Eka Purwanta, di momen Harganas tahun ini Pemkab Blitar ingin hadir di tengah-tengah masyarakat. 

“Sesuai dengan tema Harganas, kami dari Pemkab Blitar ingin hadir dengan cara baru. Yakni kami ingin menjadi sahabat keluarga, sahabat remaja, juga termasuk menjadi sahabat lansia. Karenanya kami mengadakan layanan secara serentak pelayanan akseptor secara gratis di seluruh Kabupaten Blitar," tegas Eka.(Adv/Kmf)